Tips Agar Nasi dalam Rice Cooker Lebih Segar dan Tahan Lama
Tips Agar Nasi dalam Rice Cooker Lebih Segar dan Tahan Lama
Thursday, 19 May 2016 | 17:00 WIB

Kehadiran rice cooker memang menjadi inovasi yang sangat bermanfaat bagi para ibu rumah tangga. Sehingga ibu tak perlu lagi repot-repot mengaron beras kemudian mengukusnya hingga menjadi nasi. Tinggal menggunakan tegangan listrik untuk membuat rice cooker menyala, maka nasi lezat siap tersaji dalam waktu singkat.
 
Sayangnya, memasak nasi dengan rice cooker bisa membuat nasi rentan basi jika ibu melakukannya dengan cara yang keliru. Solusinya, ikuti tips ini agar nasi yang dimasak di rice cooker senantiasa segar dan tahan lama :
 
Memasak Sesuai Kapasitas Rice Cooker
Setiap jenis rice cooker memiliki kapasitas yang beragam. Semakin besar ukuran rice cooker, maka semakin banyak pula jumlah beras yang bisa dimasak. Kalau ibu memasak beras secara berlebihan, maka proses pematangan beras menjadi kurang maksimal. Rice cooker akan bekerja ekstra keras untuk mematangkan nasi sehingga tekstur nasi bisa menjadi lembek bahkan berair.
 
Jangan Terus menerus Menghangatkan Nasi
Salah satu fungsi rice cooker adalah menghangatkan nasi terus menerus dengan memanfaatkan aliran listrik. Namun sayangnya, nasi justru mudah mengering dan berbau tak sedap bila terus menerus dihangatkan dengan rice cooker. Sebaiknya ibu mencabut kabel rice cooker di malam hari. Sisa nasi pada rice cooker bisa dihangatkan kembali di pagi hari sewaktu ibu menyiapkan sarapan dan bekal.
 
Menutup Rice Cooker dengan Benar
Setelah mengambil nasi dari rice cooker, ibu atau anggota keluarga lainnya patut menutup rice cooker dengan benar. Penutup rice cooker yang sedikit terbuka bisa membuat nasi terkontaminasi debu dan kotoran. Sehingga bukan mustahil jika rice cooker yang terbuka membuat nasi di dalamnya jadi mudah basi.
 
Memberi Air Perasan Jeruk Nipis pada Nasi
Tips yang satu ini jarang diketahui orang namun sangat ampuh untuk mengawetkan nasi. Ketika nasi sudah matang, berikan sedikit air perasan jeruk nipis pada nasi kemudian aduk hingga rata. Kandungan asam dari air jeruk nipis mengandung anti bakteri alami yang membuat nasi jadi tidak mudah basi.
 
Mulai sekarang, ibu bisa mengatasi masalah nasi basi dengan cara yang tepat. Kalau nasi ibu tidak mudah basi, maka ibu pun bisa menghemat pengeluaran untuk berbelanja kebutuhan dapur.