Rahasia Memasak Nasi yang Pulen dan Enak
Rahasia Memasak Nasi yang Pulen dan Enak
Tuesday, 3 May 2016 | 10:00 WIB

Hal apa yang menyebabkan anggota keluarga sering malas makan di rumah?
 
Padahal aneka hidangan buatan ibu rasanya sedap kok. Tetapi rupanya ada saja alasan lain untuk menghindar dari makanan rumah. Mungkin salah satu penyebabnya adalah cita rasa nasi yang kurang enak. Nasi yang terlalu keras atau terlalu lembek memang membuat nafsu makan jadi berkurang.
 
Solusi untuk memasak nasi yang pulen dan enak tidak sulit lo, Bu. Yuk ikuti rahasia berikut ini dan bersiaplah memasak nasi pulen yang disukai seluruh anggota keluarga!
 
Memilih Beras Berkualitas
Beras berkualitas adalah kunci utama untuk menghasilkan nasi yang pulen. Jadi, ibu wajib memilih beras berkualitas yang bebas kutu dan bebas bau apek. Beras berkualitas pilihan ibu akan terasa pulen dan beraroma harum ketika dimasak.
 
Merendam Beras Sebelum Mencucinya
Ternyata merendam beras sesaat sebelum mencucinya bisa membuat beras terasa lebih pulen. Caranya, rendamlah beras dengan air dingin selama 30 menit. Setelah 30 menit, ibu bisa membuang air rendaman dan mulai mencuci beras tersebut seperti biasa. Cucilah beras sebanyak 3 hingga 4 kali untuk menghilangkan debu dan kotoran pada beras. Tidak perlu mencuci beras berulang-ulang kali agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.
 
Takaran Air yang Tepat
Setiap jenis beras memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada beras yang menjadi nasi lembek karena takaran air yang berlebihan. Namun ada pula beras yang karakteristiknya keras sehingga butuh banyak air ketika ditanak. Jadi, ibu patut mengenal karakteristik beras yang biasa ibu beli. Bila berencana mencoba jenis beras baru, tanyakan kepada penjual mengenai karakteristik beras tersebut. Ibu juga bisa mempelajari jenis beras baru dari keterangan pada kemasan beras.
 
Jangan Lupa Mengaduk Nasi
Nasi yang sudah matang di rice cooker bisa didiamkan selama 15 hingga 20 menit hingga uap panasnya hilang. Kemudian, ibu harus mengaduk nasi tersebut dengan centong yang bersih. Mengaduk nasi yang baru matang akan membuat tekstur nasi menjadi lebih pulen. Sebaliknya, jika tidak diaduk maka nasi akan mengeras hingga sulit disendok ketika hendak disantap.
 
Penggunaan beras berkualitas yang berpadu dengan kemampuan ibu mengolah nasi tentu akan menghasilkan nasi pulen yang enak. Seluruh anggota keluarga pun jadi menanti-nantikan kejutan hidangan ala ibu di rumah. Selamat mencoba, Bu!