tips membuat nasi uduk jadi lebih gurih dan pulen dengan beras maknyuss
Tips Membuat Nasi Uduk Jadi Lebih Gurih dan Pulen dengan Beras Maknyuss.
Wednesday, 12 October 2016 | 17:00 WIB

Lidah kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan olahan nasi yang satu ini. Yap, nasi uduk! Olahan nasi yang satu ini memang selalu memiliki tempat di hati para pecinta kuliner. Rasanya yang khas dan gurih inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk memanjakan lidah.

 

Saat ini, nasi uduk bisa didapatkan dimanapun dengan mudah, baik itu pada saat pagi hari atau malam hari. Banyak pedagang kaki lima yang menjajakan nasi uduk dengan harga bervariasi, mulai dari Rp.5000 – Rp. 15.000 inilah yang menjadi alasan mengapa nasi uduk begitu dicintai. Selain rasanya enak, harga nasi uduk juga pas dikantong.

 

Namun bagaimana jika ingin membuat nasi uduk sendiri di rumah? Nah, berikut ini adalah tips agar nasi uduk jadi lebih gurih dan pulen!

 

  1. Gunakan Beras Maknyuss

Beras Maknyuss adalah beras berkualitas yang bebas dari 3p (pemutih, pewangi, pengawet). Maka dari itu, beras yang alami seperti Beras Maknyuss inilah yang sangat baik untuk diolah menjadi nasi uduk. Selain itu, Beras Maknyuss juga diproduksi secara modern sehingga kualitasnya tidak perlu di ragukan lagi, Beras Maknyuss sudah terbukti higienis dan aman untuk dikonsumsi.

 

  1. Bedakan dengan cara memasak biasa.

Jika pada umumnya nasi uduk dibuat dengan cara langsung memasukan santan, rempah-rempah dan beras sekaligus saat mulai memasak, cobalah bedakan dengan cara memasak nasi setengah matang terlebih dahulu (Dengan air biasa). Kemudian rebuslah santan bersama dengan rempah-rempah hingga mendidih. Masukkan campuran santan dan rempah pada saat nasi masih setengah matang. Hal ini bertujuan membuat nasi uduk menjadi lebih gurih dan pulen.

 

  1. Gunakan daun pisang sebagai alas makan

Daun pisang memiliki fungsi untuk menambah selera makan karena daun pisang memiliki kandungan lilin yang dapat menguap ketika makanan panas ditempatkan di atasnya. Nah, kandungan lilin inilah yang membuat makanan terasa dan beraroma lebih enak. So? Setelah nasi uduk matang, langsung saja disantap di atas daun pisang, pasti jadi makin maknyusssssss!

 

Itu dia 3 tips agar nasi uduk jadi lebih gurih dan pulen, untuk menambah kelezatan, kamu bisa menambahkan berbagai makanan pelengkap seperti, bihun, kerupuk, ayam goreng, sambal, ati ampela, telur dadar, tempe orek dll. Pastinya sajian nasi uduk jadi lebih istimewa!

Selamat mencoba^^