tips membuat lontong jadi makin pulen dan legiiiit
Tips Membuat Lontong Jadi Makin Pulen dan Legiiiit!
Friday, 28 October 2016 | 6:04 WIB

Lontong merupakan salah satu jenis olahan beras yang sangat disukai oleh masyarakat. Cara memasaknya adalah, beras dibungkus dalam daun pisang dan dikukus di atas air mendidih selama beberapa jam. Lontong umumnya digunakan sebagai pelengkap sate, gulai, laksa atau soto dan biasa disajikan pada saat hari raya seperti idul fitri.

Untuk membuat lontong yang pulen dan legit tidaklah mudah, kesalahan pada saat membuat lontong bisa menyebabkan lontong menjadi lembek atau terlalu keras. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasak lontong, yuk simak tipsnya berikut ini:

 

Gunakan beras dengan kualitas terbaik.

Bila menginginkan lontong dengan tekstur yang lembut dan pulen, sebaiknya pilihlah beras dengan kualitas terbaik seperti Beras Maknyuss. Karena kualitas beras sangat berpengaruh terhadap hasil dari lontong, menggunakan beras low quality dapat menyebabkan lontong berwarna kuning dan lebih cepat berbau.

 

Tambahkan air kapur sirih

Setelah beras selesai dicuci dan sudah siap untuk diolah menjadi lontong, tambahkan air kapur sirih saat menanak lontong agar teksturnya lebih pulen dan menyatu, dengan perbandingan 1:1, contohnya 1 kg beras memakai 1 sendok makan air kapur sirih.

 

Gunakan daun pisang, sebagai pembungkus

Biasanya, hanya ada 2 jenis pembungkus lontong, yaitu daun pisang dan plastik. Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya gunakan pembungkus lontong dari daun pisang agar lontong berwarna hijau secara alami. Sebab jika menggunakan plastik, bahan kimia pada plastik tersebut bisa membahayakan kesehatan.

 

Lama memasak

Waktu menanak lontong adalah sekitar 3 sampai 8 jam, tergantung dari jumlah lontong yang dimasak dalam satu panci. Hal ini dapat membuat lontong lebih awet meskipun disimpan dalam waktu yang agak lama. Setelah matang, simpan lontong di dalam lemari es. Kukus kembali lontong Jika ingin dimakan kembali dan jangan mengkonsumsi lontong yang telah berlendir.

 

Kelezatan lontong bukanlah berdasarkan pada bentuknya yang besar, namun dari rasa pulen dan legitnya lontong tersebut ketika dikunyah. Saat hendak membuat lontong, jangan lupa untuk terapkan tips di atas yah, Selamat mencoba!