menyangrai beras supaya nasi jadi lebih enak dan lezat
Menyangrai Beras Supaya Nasi Jadi Lebih Enak dan Lezat!
Tuesday, 18 October 2016 | 4:01 WIB

Tahukah kamu? Menyangrai beras sebelum mengolahnya menjadi nasi dapat memperkaya rasa dan membuat nasi jadi lebih nikmat! Bila teknik ini dilakukan dapat memberikan nasi dengan citarasa yang menyerupai kacang.

 

Cara untuk melakukan teknik ini adalah dengan memanaskan wajan anti lengket dengan api rendah. Kamu bisa menambahkan sedikit mentega tau minyak ke atas wajan, boleh juga tanpa minyak/mentega. Setelah wajan panas, tuanglah beras ke dalam wajan, sangrai selama 10 menit.

 

Selama disangrai, jangan berhenti mengaduk beras, karena beras akan menjadi gosong dan pahit saat diolah. Ingat, untuk apinya jangan sampai terlalu besar! Gunakan api yang paling kecil. Setelah selesai, beras akan menjadi lebih beraroma dan warnanya akan berubah menjadi coklat keemasan. Kemudiang angkat beras lalu biarkan dingin sebelum dimasak.

 

Selain itu, beras juga bisa dipanggang dengan menggunakan oven. Sebarkan beras secara merata di atas alas pemanggang, lalu panggang dalam oven dengan suhu 350˚F atau 175˚C selama sekitar 5 menit. Setelah selesai, beras sudah siap diolah seperti biasa.

 

Teknik menyangrai beras seperti di atas sebetulnya sudah cukup untuk membuat olahan beras makin terasa nikmat ketika dimakan. Namun, jika kamu menginginkan beras dengan aroma yang lebih kuat, kamu bisa menambaghkan irisan daun jeruk, irisan kunyit dan sereh pada saat menyangrai beras.

 

Dengan cara sederhana ini, nasi yang disajikan untuk seluruh anggota keluarga akan menjadi lebih enak, lezat dan wangi. Waktu yang digunakan untuk menyangrai beras ini pun tidak lama, jadinya tidak akan membuang-buang waktu terlalu banyak.

 

Beras yang sudah disangrai ini juga bukan hanya bisa diolah menjadi nasi, tapi juga bisa diolah menjadi risotto. Selain itu, beras yang sudah disangrai bisa juga ditumbuk atau dihaluskan dengan blender hingga menjadi bubuk. Nah bubuk dari beras ini bisa digunakan untuk mengentalkan sup ataupun makanan lainnya.

 

Itu dia manfaat dari menyangrai beras, cobalah gunakan cara ini sesekali dan lihatlah perbedaannya dibandingkan dengan memasak beras dengan cara biasa.

Semoga artikel ini bermanfaat yaa.