tips memasak nasi goreng seenak resto
Mau Bikin Nasi Goreng Seenak Buatan Resto? Perhatikan 4 Tips Penting Ini!
Friday, 19 August 2016 | 8:19 WIB

Terkadang kita selalu berpikir kalau nasi goreng beli di pinggir jalan atau di resto itu selalu lebih enak dibandingkan kalau kita membuatnya sendiri dirumah. Tak jarang orang yang gagal saat memasak nasi goreng, mulai dari teksturnya yang lembek, aroma yang kurang sedap hingga rasanya yang kurang gurih. Padahal kamu sudah mengikuti resep saat memasaknya.
 
Hidangan favorit orang asia ini ternyata nggak bisa sembarangan untuk memasaknya lho. Nah, berikut ini adalah 4 tips penting untuk membuat nasi goreng jadi seenak buatan resto.
 
1. Gunakan Nasi Pera/Kering dari beras berkualitas
Sebelum membuat nasi goreng, pastikan terlebih dahulu kalau beras yang kamu gunakan itu berkualitas baik. Setelah itu, jangan langsung menggunakan nasi yang baru saja matang karena teksturnya yang masih lembek. Pilihan nasi terbaik adalah nasi yang sudah pera atau kering yang sudah dimasak sehari sebelumnya. Kamu juga bisa menaruh nasi di dalam kulkas selama beberapa jam terlebih dahulu supaya mendapatkan tekstur lebih kenyal.
 
2. Gunakan Wajan Penggorengan yang lebih lebar
Memasak nasi goreng harus mengaduk-aduk seluruh komposisi nasi goreng hingga bumbu tercampur dengan merata. Oleh karena itu, gunakanlah wajan penggorengan yang berukuran lebar. Wajan yang lebar juga mencegah nasi goreng dan isinya berhamburan keluar saat sedang diaduk-aduk.
 
3. Gunakan api besar Saat Finishing (nasi hampir matang)
Salah satu faktor yang membuat nasi goreng buatan restoran terasa spesial adalah aromanya yang khas. Aroma ini dihasilkan dari suhu panas dari api. Tekniknya adalah, setelah semua bumbu tecampur sempurna, baru api dibesarkan dan nasi terus diaduk dengan sangat cepat hingga hampir gosong, bukan gosong yah! tapi hampir. Tandanya sudah mulai keluar asap dan aroma dari bumbu semakin tajam. ini yang bikin nasi goreng resto enak dan bikin ketagihan. Tentu aja teknik hampir gosong ini termasuk sulit untuk dilakukan, karena sedikit aja terlambat, nasi goreng sudah over cook dan jadi tidak enak dimakan.
 
4. Jangan Terpaku Pada Resep
Saat memasak nasi goreng, jangan terlalu terpaku terhadap resep, karena memang variasi dari beberapa jenis nasi goreng itu ya resepnya hasil dari kreativitas yang memasaknya. Bahan-bahan seperti sosis, ayam, udang, cumi-cumi, bisa kamu kreasikan sendiri sesuai selera.
 
Nah itu dia 4 tips memasak nasi goreng agar rasanya seenak buatan resto. Nasi goreng yang lezat, pastinya bikin selera makan meningkat dan selalu bikin lidah ketagihan! Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat ya.