sahur bergizi
Sahur dengan Beras bergizi membuat puasa kuat dan kenyang lebih lama.
Monday, 27 June 2016 | 6:22 WIB

Godaan yang paling umum saat berpuasa adalah munculnya rasa lapar pada siang hari. Ketika jam buka masih cukup lama, ini bisa menjadi godaan yang membuat orang puasa sering nggak tahan. Untuk menghindari rasa lapar saat puasa, solusinya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat yang memiliki kandungan serat tinggi ketika makan sahur.

 

Menu makanan untuk sahur yang membuat kenyang lebih lama akan menjadikan perut tahan lapar. Selain itu, proses pencernaan makanan pada usus juga menjadi lebih sehat karena makanan yang kaya serat. Nah, oleh karena itu, pilihlah beras terbaik agar sahur pun menjadi lebih sempurna.

 

Beras Maknyuss adalah pilihan beras terbaik karena tanpa 3P (Tanpa Pemutih, Tanpa Pengawet dan Tanpa Pewangi). Kandungan seratnya juga cukup untuk memenuhi kebutuhan serat harian tubuh. Perut akan kenyang lebih lama apabila nasi dari beras yang berkualitas dikonsumsi saat sahur. Godaan saat berpuasa bukanlah masalah.

 

Selain beras sebagai makanan utama, saat sahur juga disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis sayuran yang kaya akan serat dan mengonsumsi buah-buahan sebagai makanan penutup. Salah satu buah yang bisa menjadi pilihan untuk melengkapi santap sahur adalah kiwi. Kiwi adalah buah yang tinggi akan serat, baik serat larut dan serat tak larut. Kandungan serat larut tinggi akan menjaga penyerapan karbohidrat dan lema. Dengan begitu perut akan menyimpan lebih banyak cadangan makanan berserat sehingga akan merasa kenyang lebih lama.

 

Hindari makanan ringan tinggi kalori pada saat sahur karena makanan seperti ini akan lebih cepat membuat kenyang, seperti es Krim. Untuk memenuhi kebutuhan kalori cukup berasal dari makanan berat saja.

 

Beberapa tips di atas juga berguna untuk membantu puasa agar tahan lebih lama dan perut kenyang lebih lama. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa dengan meminum banyak air putih saat sahur dan berbuka. Tetap semangat menjalani ibadah puasa, pastikan tubuh selalu berada dalam kondisi fit meskipun menahan lapar dan haus selama lebih dari 13 jam.

Semoga bermanfaat.