mengaduk nasi setalah matang
Pentingnya Mengaduk Beras Setelah Matang
Wednesday, 27 July 2016 | 3:56 WIB

Mengaduk beras yang baru saja matang? Apa sih pentingnya?
Nah, beras yang sudah menjadi nasi ini sebetulnya memiliki daya tahan yang tidak terlalu lama, nasi jadi lebih cepat bau, kering dan menguning. Tentunya akan menurunkan selera makan. Lalu, bagaimana agar nasi tidak cepat bau dan menguning? Tentu saja dengan mengaduk nasi yang baru saja matang.

Mengaduk nasi ini tujuannya agar nasi matang sempurna dan rata. Selain itu, mengaduk nasi saat proses memasak juga akan membuat tekstur nasi menjadi lebih lembut serta sesuai dengan lidah. Kita pun akan tahu apakah nasi bakal kelebihan air atau kekurangan air. Mengaduk ini juga memungkinkan uap air yang ada di sela-sela nasi dapat tersebar rata.

Menurut penelitian, kandungan air pada nasi yang baru saja dimasak, akan mengendap pada celah-celah nasi atau bagian dasar, sehingga kita sering melihat bahwa nasi bagian atasnya saja yang kering, namun lembek di bagian bawahnya. Nah, apabila kita membiarkannya, nasi dibagian bawah akan menjadi lembek dan berair, bahkan berbau. Kemudian pada bagian atasnya akan mengering dan lebih cepat menguning karna uap air yang menumpuk di dasarnya. Oleh karena itu mengaduk nasi sangatlah penting agar uap air yang mengedap keluar perlahan-lahan.

Walaupun terdengar sederhana, nyatanya memasak nasi tak semudah yang dibayangkan. Kita pasti pernah memasak nasi namun terasa lembek, berair, bahkan terlalu kering tanpa mengetahui penyebabnya.

Itulah tujuan mengaduk beras setelah matang, uap air pada saat menanak nasi adalah penyebab mikroba berkembang dengan cepat. Oleh karena itu, mengaduk-aduk nasi hingga uapnya keluar semua adalah cara yang baik untuk meningkatkan ketahanan atau daya tahan nasi.

Semoga bermanfaat 🙂