cara menyimpan beras agar tahan lama
Cara Menyimpan Beras Agar Tahan Lama serta Bebas Kutu dan Jamur
Tuesday, 28 June 2016 | 9:14 WIB

Sebagai bahan makanan pokok, kita sudah terbiasa untuk menyimpan beras dalam jumlah yang banyak untuk jangka waktu lama. Biasanya kita menggunakan Rice Box sebagai alat penyimpanan beras, untuk menjaga beras dari jamur dan kutu. Namun, tetap saja kutu beras dan jamur masih saja muncul. Nah berikut ini adalah beberapa tips yang harus dicoba agar beras yang disimpan bebas jamur dan kutu.

1. Daun jeruk purut

Selain wanginya yang khas, daun jeruk purut juga memiliki fungsi lain. Yaitu sebagai pengusir kutu. Caranya adalah dengan menumbuk 50gram daun jeruk purut, lalu masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras. Aroma dari daun jeruk purut membuat kutu tak betah berlama-lama di dalamnya, selain itu beras juga akan mengeluarkan aroma harum ketika dimasak.

2. Daun belimbing wuluh

Sejak zaman dahulu, daun belimbing wuluh dipercaya dapat menangkal kutu di tempat penyimpanan beras. Caranya mudah, cukup keringkan 2-3 tangkai daun belimbing wuluh yang sudah dibersihkan, kemudian masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras lalu tutup tempat penyimpanan serapat-rapatnya tanpa ada celah udara sedikitpun. Dengan begitu, kutu nggak akan berani balik lagi!

3. Daun asam jawa

Tumbuhan herbal yang satu ini ternyata daunnya memiliki khasiat untuk mengusir kutu dan jamur pada beras! Bersihkan 2 – 3 tangkai daun asam jawa, kemudian keringkan. Lalu taruh ke dalam Rice Box. Dijamin beras akan bebas kutu dan jamur.

4. Lada dan cabai kering.

Untuk mengantisipasi kutu dan jamur, kita bisa juga menaruh biji lada kering atau cabai kering ke dalam tempat penyimpanan beras. Aroma menyengat dari cabai dan lada akan membuat kutu beras ogah buat balik lagi. Simpan beras di tempat yang kering dan sejuk untuk mencegah dari suhu lembab. Dengan begitu kutu dan jamur nggak akan muncul lagi.

Membeli beras dengan harga mahal dan berkualitas tinggi tentunya akan sia-sia bila kita tidak memperhatikan tempat penyimpanannya. Mutu dan kualitas beras tersebut juga semakin menurun dikarenakan kondisi beras yang sudah berbolong dan berwarna gelap akibat dari kutu dan jamur. Oleh karena itu, jaga dan rawatlah tempat penyimpanan beras agar makanan pokok ini senantiasa bebas dari kutu dan jamur.