tips mengusir serangan kutu beras
5 Tips Mengusir Serangan Kutu Beras
Monday, 11 July 2016 | 3:23 WIB

Kutu beras merupakan salah satu hama pengganggu yang biasa hidup di tempat penyimpanan beras. Untuk kamu yang terbiasa membersihkan beras, pastinya sudah tidak asing lagi dengan hama yang satu ini. Kutu beras dapat membuat beras menjadi rusak dan hancur, bahkan pada tingkat yang sudah parah, kutu beras dapat membuat beras tidak ada isinya lagi karena sudah menjadi rumah kepompong bagi si kutu. Menyebalkan bukan?
 
Nah, berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat membantu kamu untuk mengusir si kutu, apa aja sih? Yuk simak ulasan berikut ini!
 
1. Bawang Putih
Pertama, cobalah untuk menggunakan bawang putih. Sejak dahulu, bawang putih dipercaya dapat mengusir kutu beras karena aroma khas bawang putih yang sangat menyengat. Caranya adalah dengan memasukkan bawang putih yang sudah dikupas pada tempat penyimpanan beras, tetapi cara ini berisiko akan merusak beras karena kandungan air dari bawang putih dikhawatirkan akan membuat beras menjadi lembab dan berjamur jika disimpan terlalu lama. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menggunakan bawang putih bubuk (Garlic powder) apabila beras masih akan disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama.
 
2. Cabe Kering
Nah, karena rasa dan aromanya yang pedas menyengat, kamu bisa juga memanfaatkan cabe kering untuk mengusir kutu beras dan mencegahnya datang kembali. Caranya adalah masukkan cabe kering ke tempat penyimpanan beras. Kutu beras nggak akan tahan deh, kemudian beras kamu terbebas dari gangguan kutu.
 
3. Kayu manis
Selain berfungsi sebagai bumbu masakan, kayu manis ternyata juga dapat mengusir semut dan kutu beras lho! Cara penggunaannya pun sama dengan cabe kering dan bawang putih. Taruh 1 batang kayu manis berukuran 4cm – 5cm kedalam tempat penyimpanan beras, kemudian tutup rapat-rapat. Lihat hasilnya keesokan hari, pastinya kutu beras langsung minggat!
 
4. Daun Jeruk Nipis
Aroma kuat yang berasal dari daun jeruk nipis terbukti efektif untuk mengusir kutu beras, caranya adalah dengan meletakan daun jeruk nipis dibagian dasar, tengah dan atas pada tumpukan beras. Selain menghilangkan kutu, daun jeruk nipis juga membuat nasi (yang sudah dimasak) menjadi lebih fresh dan wangi.
 
5. Lada Kering
Rempah-rempah yang satu ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kutu beras. Caranya dengan memasukkan butiran lada kering ke dalam tempat penyimpanan beras, agar lebih maksimal taburkan butiran lada kering satu sendok di bagian bawah, satu sendok di bagian tengah dan satu sendok di bagian atas. Aroma pedas dari lada sama seperti cabe, akan membuat kutu beras kabur dan nggak akan balik lagi.
 
Nah itu dia 5 tips untuk mengusir serangan kutu beras, pastikan beras yang disimpan selalu dalam keadaan bersih dan terbebas dari kutu beras ya! Semoga bermanfaat.