tips memasak nasi di rice cooker
Tips Memasak Nasi Di Rice Cooker Agar Tak Cepat Kering dan Kuning
Tuesday, 21 June 2016 | 9:34 WIB

Memasak menggunakan rice cooker tentunya sangat membantu dalam hal memasak nasi. Berkat rice cooker, sekarang kita tidak perlu lagi memasak nasi dengan cara tradisional seperti menggunakan tungku atau panci. Memasak nasi pun jadi semakin mudah seiring dengan berkembangnya teknologi. Tapi, memasak nasi menggunakan rice cooker bukan berarti tanpa masalah. Terkadang nasi akan jadi cepat kering dan warna berubah menjadi kuning. Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi nasi yang cepat kering pada rice cooker:

Memasak sesuai takaran
Takaran beras yang akan di masak sebisa mungkin disesuaikan dengan batas maksimal rice cooker. Hal Ini bermanfaat untuk menghindari nasi yang terlalu lembek dan matang sehingga jadi lebih cepat basi. Selain itu, untuk mencegah nasi yang terbuang percuma karena kering, Ibu juga bisa memasak nasi dengan takaran sekali santap saja. Tujuannya adalah untuk membuat nasi selalu fresh dan pulen.

Selalu Menutup rapat rice cooker
Dengan menutup rapat rice cooker, nasi akan menjadi lebih tahan lama. Sebab jika rice cooker dibiarkan terbuka, udara akan bebas keluar masuk dari rice cooker sehingga berpotensi menyebabkan nasi cepat basi.

Menambahkan sedikit air lemon.
Nah, Ibu juga bisa menambahkan sedikit perasan air lemon dalam rice cooker saat memasak nasi. Air lemon ternyata mampu menambah wangi nasi saat sudah matang nanti. Selain itu, kadar asam dari lemon mampu memperpanjang umur nasi, dan membuatnya lebih tahan lama.

Mengaduk setelah nasi matang
Setelah nasi matang segera aduk nasi agar uap air yang ada di sela-sela nasi dapat tersebar rata. Melakukan hal ini akan mengurangi resiko nasi jadi cepat kering dan menempel pada pinggiran rice cooker.

Nah itu dia cara memasak nasi agar tidak cepat kering dan berwarna kuning. Semoga membantu dan mempermudah Ibu dalam memasak yaa, serta selamat mencoba!