tips agar nasi tidak lengket di rice cooker
Tips Agar Nasi Tidak Lengket di Rice Cooker
Saturday, 11 June 2016 | 9:27 WIB

Berkembangnya zaman dan teknologi memang mempermudah manusia dalam melakukan berbagai hal. Salah satu diantaranya adalah, memasak nasi. Dalam mengolah beras menjadi nasi, saat ini sudah jarang ditemukan cara memasak menggunakan peralatan tradisional.

 

Baik rumah tangga ataupun rumah makan, rata-rata sudah menggunakan rice cooker sebagai alat untuk memasak nasi. Namun, penggunaan rice cooker bukan berarti memasak nasi menjadi tanpa masalah, seringkali nasi tersebut menjadi lengket hingga kering. Nah berikut ini adalah tips agar nasi tidak lengket di rice cooker.

 

Mencuci beras terlebih dahulu
Sebelum memasak nasi, beras harus dicuci terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bakteri, kotoran dan sisa-sisa bekas pestisida yang menempel pada beras. Masukkan beras pada wadah, kemudian siram dengan air, aduk-aduk secara perlahan, kemudian buang airnya. Beras yang sudah bersih tentunya akan membuat nasi menjadi lebih pulen sehingga tidak akan menyebabkan lengket yang berlebihan.

 

Takaran air disesuaikan
Saat memasak nasi, takaran air akan menentukan matang atau tidaknya nasi tersebut. Karena pada saat di masak, beras bergesekan di dalam rice cooker dan melepaskan pati sesuai dengan takaran air. Jika takaran air kurang, maka nasi akan matang dengan tidak sempurna (lengket dan kering). Namun, jika takaran air berlebih, maka beras akan lembek dan berair. Ukuran yang tepat adalah sbb:

  1. Beras putih, bulir panjang – 1 3/4 cangkir air per 1 cangkir beras (420 ml air per 240 ml beras)
  2. Beras putih, bulir sedang – 1 1/2 cangkir air per 1 cangkir beras (360 ml air per 240 ml beras)
  3. Beras putih, bulir pendek – 1 1/4 cangkir air per 1 cangkir beras (300 ml air per 240 ml beras)

 

Aduk nasi agar tidak padat dan menggumpal
Setelah nasi matang, disarankan untuk mengaduk-aduk nasi di dalam rice cooker hingga tidak lagi menempel pada pinggiran nampan. Hal ini bertujuan agar nasi tidak menggumpal dan lengket.

 

Nah, itu dia tips agar nasi tidak lengket di rice cooker. Ketika nasi dalam keadaan tidak baik, maka kemungkinan besar selera makan kita akan berkurang. Oleh sebab itu, diperlukan tips atau cara untuk mengatasi nasi agar tidak lengket ketika dimasak. Semoga bermanfaat 🙂